Berikut ini soal dan jawaban di Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Kelas III SD/MI Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 2. Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 berjudul Energi dan Perubahannya. Sementara Subtema 3 mempelajari tema berkaitan Energi Alternatif.

Dalam artikel ini, terdapat pembahasan soal yang terdapat di halaman 115, 116, 120, dan 121. Pembahasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Udin dan kawan kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Mereka memilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup.

Angin diperlukan untuk menerbangkan layang layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain layang layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang layang. Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi. Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin. Cobalah mewawancarai teman atau orang dewasa di sekitarmu! Tanyakan beberapa hal berikut ini!

1. Apakah mereka mengetahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB)? 2. Dari mana mereka mengetahui hal tersebut? 3. Apa keuntungan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif?

4. Apa kesulitan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif? Tuliskan laporan hasil wawancara pada tempat yang tersedia! Jawaban dapat disesuaikan dengan hasil wawancara siswa.

Jawaban alternatif: Laporan hasil wawancara: Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang ternyata mereka sudah mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu.

Mereka mengetahui PLTB dari beberapa sumber seperti buku dan internet. Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu sebagai energi alternatif memberikan keuntungan. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu memiliki sumber energi yang jumlahnya besar dan ada di alam.

Namun, untuk menghasilkan energi alternatif dari angin membutuhkan biaya yang besar. Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.

Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain. Sebutkan 5 kewajibanmu saat bermain!

Jawab: 1. Meminta ijin orang tua sebelum berangkat bermain. 2. Berhati hati dan jangan lupa waktu jika tiba waktunya pulang.

3. Jangan terlalu jauh agar orang tua tidak khawatir. 4. Jangan melakukan permainan yang berbahaya. 5. Rapikan dan bersihkan kembali permainan yang telah digunakan.

Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Menerima hak dan melakukan kewajiban sesuai kemampuanmu. Agar semua hal dapat berjalan dengan baik.

Orang tua mengajak siswa mengamati kegiatan sehari hari yang memerlukan angin. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Jawaban dapat berbeda sesuai pendapat dan tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.