Di jaman yang serba modern seperti saat ini, untuk mengirim barang pun sekarang sudah sangat mudah. Baik antar pulau maupun ke luar negeri. Anda bisa mengirim barang dengan sangat mudah. Tak terkecuali bagi pemula sekalipun, yang belum pernah berpengalaman dalam mengirimkan barang ke luar negeri.

Bagaimana Cara Kirim Barang ke Luar Negeri ?

Untuk anda yang belum terlalu paham mengenai cara kirim barang ke luar negeri, maka anda dapat menyimak pembahasan berikut ini yang akan kami paparkan kepada anda, antara lain yaitu :

  1. Langkah pertama yaitu anda perlu menyiapkan barang yang hendak dikirim. Siapkan paket tersebut kemudian kemas dengan benar dan sebaik mungkin. Sesuaikan pengemasan dengan ketentuan yang sudah ada. Karena hal ini dapat mempengaruhi proses pengiriman.
  2. Setelah mengemas dengan baik dan benar, langkah selanjutnya yaitu memilih jasa ekspedisi yang akan anda gunakan. Karena saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan pengiriman paket ke luar negeri.

Maka sebaiknya anda benar-benar memperhatikan saat hendak memilih jasa eskpedisi. Pilihlah perusahaan yang profesional dan yang terpercaya dalam pelayanana kirim barang.

  1. Kemudian serahkan barang yang sudah dikemas tersebut kepada pihak ekspedisi. Anda bisa datang langsung ke kantor pusat perusahaan tersebut, atau bisa juga memilih untuk kurir menjemputnya kerumah anda.

Karena saat ini sudah banyak perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasa penjemputan barang ke lokasi pelanggannya.

Dengan begitu, anda akan lebih mudah. Anda tidak perlu capek-capek dateng ke perusahaan tersebut. Akan tetapi, tentunya ada biaya tambahan apabila anda ingin menggunakan sistem penjemputan paket.

Hal yang harus anda perhatikan juga yaitu mengenai formulir pengiriman paketnya harus anda lengkapi dengan benar. Karena tak jarang masalah dokumen menjadi salah satu masalah yang sering terjadi dalam pengiriman paket. Yang mana ini akan membuat proses pendataan barang memakan waktu yang cukup lama.

Tips untuk anda sebagai pengirim yaitu pastikan bahwa informasi yang ditulis pada badan paket sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti lampiran alamat tujuan yang harus benar-benar diteliti agar tidak ada kesalahan, cantumkan pula nomor pengirim, nomor penerima, dan informasi penting lainnya.

Cara berikutnya yaitu melakukan pembayaran biaya ongkos kirim. Jika cara-cara sebelumnya sudah terpenuhi semua, maka anda harus membayar ongkir paket sesuai ketentuan yang sudah diinfokan. Harga yang diberikan biasanya sudah menjadi harga patokan yang tidak dapat ditawar lagi.

Misalnya anda ingin kirim barang dari USA ke Indonesia, tentunya harga ongkir USA ke Indonesia sudah tertera pada laman jasa ekspedisi yang anda pilih, Jadi biaya tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dari perusahaan ekspedisi.

Jiak sudah melakukan pembayaran ongos kirim, maka cara yang terakhir yaitu meminta nomor resi kepada pihak ekspedisi. Nomor resi sangat penting sekali bagi anda untuk melakukan pelacakan pada barang paketan anda yang sedang dalam proses pengiriman.

Untuk itu anda bisa melacak keberadaan paket dalam perjalanan, sudah sampai dimana, dan hingga barangnya sampai di tempat tujuan serta diterima oleh penerima barang yang anda tuju, tentunya akan tertera dalam sistem pelacakan barang.