Setiap tahun harga kendaraan bermotor selalu naik hingga membuat kita harus menabung lebih lama untuk bisa membelinya. Begitu juga dengan harga mobil baru yang terus mengalami kenaikan hingga harga yang dibanderol menjadi lebih tinggi.

Kenaikan harga tidak mungkin terjadi begitu saja, melainkan ada berbagai faktor yang memengaruhinya. Dengan memahami faktor faktor tersebut, Anda akan mengetahui cara seperti apa yang harus dilakukan untuk membeli mobil dengan harga terbaik dan tepat.

Faktor Harga Mobil Baru Naik Setiap Bulan

1. Inflasi

Faktor pertama yang jelas berpengaruh terhadap harga, termasuk mobil baru atau kendaraan lainnya adalah masalah inflasi. Hal ini memang tidak bisa dihindarkan karena setiap barang atau mata uang pasti mengalami inflasi dari waktu ke waktu.

Secara umum, harga barang dan jasa akan mengalami kenaikan terus menerus dalam waktu tertentu, begitu juga dengan mobil baru. Misalnya saja, mobil baru di tahun 2012 dan tahun 2022 sekarang ini memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan karena adanya inflasi.

2. Biaya Produksi

Selanjutnya, kenaikan harga kendaraan roda empat ini juga dipengaruhi oleh biaya produksi dari mobil tersebut. Banyak komponen, mulai dari kecil hingga besar sebagai penyusun mobil di mana setiap komponen tersebut memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda.

Kenaikan harga mobil biasanya terjadi karena komponen yang digunakan dalam perakitan mobil juga mengalami kenaikan. Misalnya saja, pada tahun 2021 terjadi kelangkaan chip atau semikonduktor sehingga berdampak pada kenaikan harga untuk mobil baru.

Semakin langka atau berkualitas komponen mobil, maka semakin tinggi pula harga yang akan ditawarkan untuk mobil tersebut.

3. Pajak

Setiap negara memberlakukan beberapa pajak untuk pembelian barang mewah, termasuk mobil. Beberapa pajak yang dikenakan antara lain PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) dan BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) dengan besaran berbeda.

Ada juga PKB (Pajak kendaraan Bermotor) yang harus dibayarkan setiap tahun oleh pemilik mobil saat itu. Besaran PPnBM yang dikenakan antara 0-125% dari harga mobil, sedangkan BBN KB sekitar 10-12,5%.

Berbeda lagi dengan PKB yang mengharuskan pemiliknya membayar pajak sebesar 2,5% dari harga jual mobil. Besaran pajak ini mungkin akan berbeda untuk setiap jenis mobil karena ada beberapa klasifikasi yang ditetapkan dalam membayar pajak.

4. Generasi Baru atau Facelift

Siklus pergantian generasi sekitar 5 hingga 10 tahun selalu terjadi pada setiap mobil. Hal ini berkaitan dengan inovasi atau penyegaran yang ingin disajikan oleh pabrikan sehingga dirilis facelift atau generasi baru dengan peningkatan minor.

Peningkatan atau perbaikan mobil ini biasanya dilakukan setiap tahun sehingga disebut sebagai model year. Semua peningkatan atau perubahan yang dilakukan tentu akan mengubah harga yang ditawarkan sehingga lebih bervariasi.

5. Permintaan Pasar

Dalam prinsip ekonomi, permintaan pasar pasti akan memengaruhi harga suatu barang atau jasa. Pada dasarnya, permintaan pasar yang semakin tinggi akan membuat kenaikan harga. Kondisi inilah yang terjadi pada kenaikan harga setiap bulan dari mobil baru.

Apabila suatu mobil mendapatkan banyak perhatian masyarakat atau menjadi populer, maka permintaan pasar akan semakin tinggi. Produsen tentu ingin mendapatkan keuntungan dari situasi ini sehingga harga akan dinaikkan sesuai harga kompetitor lainnya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan harga terbaik saat membeli mobil, percayakan saja pada SEVA. Platform jual beli mobil secara online ini menawarkan fitur Instant Approval yang memudahkan siapa saja untuk membeli mobil tanpa khawatir dengan syarat yang diperlukan.