Hari kedua penyelenggaraan BWF World Tour Finals telah selesai digelar hari ini di Impact Arena, Bangkok, Kamis (28/1/2021) hari ini. Dua dari lima wakil Indonesia terpaksa harus menelan kekalahan pada hari kedua ajang BWF World Tour Finals. Salah satu kekalahan yang didapatkan wakil Indonesia menghampiri Anthony Sinisuka Ginting di sektor tunggal putra.

Ginting untuk kedua kalinya harus kalah dengan dua set langsung ketika berhadapan dengan wakil Taiwan, Chou Tien Chen. Kekalahan tersebut membuat Ginting harus mengubur impiannya untuk bisa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2020. Sementara itu, dua pasangan ganda campuran Indonesia menjaga asa lolos ke semifinal.

Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva dan Hafiz Faizal/Gloria Emmanuele yang sempat kalah pada laga perdana mampu bangkit dan mengalahkan lawan lawannya pada hari kedua kali ini. Kemenangan yang didapatkan oleh dua andalan ganda campuran Indonesia itu membuat keduanya masih punya peluang lolos ke babak semifinal. Keinginan Ginting untuk bisa melangkah lebih jauh dalam gelaran BWF World Tour Finals dipastikan sudah pupus.

Kepastian itu didapatkan setelah Ginting menelan kekalahan dua laga beruntun. Setelah tumbang di tangan Viktor Axelsen pada hari pertama, Ginting harus kalah lagi ketika bertemu Chou Tien Chen. Ginting menyerah dua set langsung dengan skor akhir, 21 19 dan 21 11 dari Chou Tien Chen.

Dua kekalahan beruntun dengan dua set langsung membuat Ginting harus angkat koper lebih awal dalam gelaran BWF World Tour Final edisi kali ini. Keberhasilan duo ganda campuran Indonesia mengalahkan lawan lawannya pada hari kedua membuat asa mereka lolos semifinal masih terbuka lebar. Pertama, pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emmanuelle Widjaja yang tampil heroik mampu mengalahkan wakil Jerman, Mark Lamfuss/Isabel Herttrich.

Lewat permainan rubber game, pasangan Hafiz/Gloria mengalahkan lawannya dengan skor 15 21, 22 20, dan 21 15. Kemenangan tersebut mengobati luka pasangan Hafiz/Gloria yang sebelumnya dikalahkan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis) pada hari pertama. Pasangan Hafiz/Gloria bisa lolos ke babak semifinal jika mampu mengalahkan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai, besok.

Kedua, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva juga mampu bangkit setelah kalah pada hari pertama. Juara All England tahun lalu itu baru saja mengalahkan wakil Ingggris, Marcus Ellis/Lauren Smith. Pasangan Praveen/Melati berhasil mengalahkan lawannya tersebut dengan skor tipis, 22 20 dan 21 19.

Kemenangan tersebut membuat kans pasangan Praveen/Jordan untuk lolos ke babak berikutnya cukup terbuka. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 19 21, 16 21 21 17, 21 7 Vivian Hoo/Yap Cheng Wen (Malaysia)

Anthony Sinisuka Ginting 19 21, 11 21 15 21, 22 20, 21 15 Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman) 22 20, 21 19 Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris)