Buat kamu yang ingin menjual mobil tanpa ribet dan hasilnya cepat, bergabung saja dengan lelang mobil Surabaya terpercaya bernama IBID-Balai Lelang Serasi (IBID). Balai lelang ini terdaftar resmi sebagai anak perusahaan PT Serasi Autoraya (SERA) yang berada di bawah naungan Astra Group.

IBID sendiri sudah ada sejak tahun 2007 dan sudah memiliki berbagai cabang di banyak kota di Indonesia. IBID secara rutin mengadakan lelang setiap satu minggu sekali dan sampai saat ini sudah pernah menggelar lelang di lebih dari 30 kota di Nusantara. Jadi dijamin, IBID bukan balai lelang abal-abal.

Tata Cara Titip Lelang di IBID

Awalnya, program titip lelang di IBID hanya bisa diikuti oleh perusahaan swasta, korporasi, finance, dan pemerintah. Namun saat ini, kamu yang merupakan pemilik mobil pribadi juga bisa ikut titip lelang sebagai pelelang personal / perorangan.

Tata cara untuk mengikuti titip lelang di IBID dijamin tidak akan membuat kamu repot karena secara keseluruhan prosesnya tidak lama, mudah, dan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Detail langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Isi formulir titip lelang lewat aplikasi IBID yang bisa di download dari App Store, Google Play Store, dan Huawei App Gallery, atau isi form lewat situs dengan membuka halaman berikut https://www.ibid.astra.co.id/titip-lelang/personal.
  • Setelah form online terisi dengan benar dan lengkap, sekarang bawa mobil yang akan kamu jual ke salah satu cabang IBID terdekat dari tempat tinggal kamu.
  • Setelah berada di cabang IBID, kamu bisa langsung menemui petugas dan menyampaikan maksud kedatangan.
  • Selanjutnya petugas ahli dari Astra Car Valuation akan mengecek mobil kamu dan melaporkan kondisinya. Bersamaan dengan itu, petugas juga akan memberitahu kamu mengenai harga dasar dari mobil kamu.
  • Jika kamu setuju dengan harganya, maka kamu bisa meninggalkan mobil di cabang tersebut bersama dengan surat-suratnya untuk selanjutnya dibawa ke pool sebelum nantinya dibawa ke lokasi lelang sesuai jadwal.

Metode Titip Lelang di IBID

Setelah mengantri jadwal dan tiba di hari pelelangan, mobil kamu akan dilelang dengan salah satu dari tiga metode berikut ini:

  • Live Auction
  • Timed Auction
  • Flash Auction

Khusus untuk kamu yang ingin mobilnya cepat terjual, mungkin karena membutuhkan dana cepat atau sejumlah alasan pribadi lainnya, maka kamu bisa memilih metode flash auction.

Jika memilih metode ini, mobil kamu tidak perlu antri jadwal pelelangan, karena mobil bisa langsung dilelang di hari yang sama setelah proses pengecekan dan kesepakatan harga dasar tadi. Nantinya, mobil kamu akan dilelang lewat siarang langsung (live streaming) dengan durasi singkat.

Meskipun berdurasi singkat, namun jangan khawatir mobil kamu tidak laku karena jaringan IBID sudah tersebar di seluruh Indonesia. Jika ingin ikut memantau pelelangan mobil kamu saat live, kamu bisa download aplikasi IBID secara gratis dari Play Store atau App Store.