Persaingan bisnis di era digital tak bisa dianggap remeh. Setiap harinya muncul kompetitor di bidang yang Anda geluti. Baik yang berskala besar maupun yang baru merintis. Hampir semua bisnis menggunakan sosial media untuk melakukan promosi, salah satunya adalah Instagram.

 

Instagram bisa dibilang sebagai platform komplit untuk promosi, sebab Anda bisa berbagi campaign dalam bentuk foto maupun video. Namun, muncul satu permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh pelaku bisnis, yakni sulitnya meningkatkan reach dan engagement. Sebenarnya hal ini dapat diatasi bila Anda menggunakan tools Instagram analytics. Lantas, apa saja fungsinya?

 

Konten Lebih Terukur

Salah satu alasan kenapa konten yang Anda buat tidak dapat menjangkau audience karena tidak sesuai dengan target market itu sendiri. Dalam membuat campaign tentu Anda harus mempertimbangkan target market, mulai dari trend yang sedang booming, minat, hingga topik yang sedang dibicarakan oleh target market Anda. 

 

Lebih Mudah Mengoptimalkan Konten

Jika sudah mengetahui perilaku target market, maka akan lebih mudah dalam mengoptimalkan konten karena tools ini dilengkapi dengan fitur analisis hashtag. Artinya, Anda akan tahu hashtag mana yang paling relevan dan bisa meningkatkan engagement di akun Anda.

 

Mampu Mengalahkan Kompetitor

Tools analisis Instagram biasanya punya fitur yang lengkap. Misalnya saja Instagram analytics tools dari Matamaya yang memungkinkan Anda untuk melakukan analisis terhadap kompetitor dan menyusun strategi paling jitu untuk mengalahkannya.