Memiliki kendaraan bermotor seperti mobil merupakan suatu kebutuhan beberapa orang. Dengan keuntungan yang ditawarkan,sehingga banyak orang ingin memilikinya. Kredit mobil merupakan suatu metode yang umum digunakan pada saat transaksi jual-beli kendaraan ini.

Pada saat ini, pembelian dengan sistem kredit cukup diminati orang para pembeli karena dianggap memberi berbagai kemudahan, terutama bagi pembeli dengan budget yang pas-pasan.

Sebelum Kredit Mobil, Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Sebagai calon pembeli yang cerdas, Anda harus melakukan beberapa riset terlebih dahulu sebelum menentukan mobil yang akan Anda beli dengan sistem kredit tersebut. Supaya tidak begitu membingungkan, berikut ini beberapa hal yang harus jadi perhatian Anda ketika ingin mengkredit mobil:

1.       Sesuaikan Mobil dengan Kebutuhan Anda

Memiliki kendaraan seperti mobil yang harus diperhatikan pertama kali adalah kebutuhan Anda sebagai calon pemiliknya.

Pikirkan kembali kepentingan Anda membeli mobil untuk kebutuhan yang seperti apa. Ini karena bentuk dan ukuran mobil sangatlah banyak dan beragam warna, bentuk dan kegunaannya.

Jika Anda ingin menggunakan mobil sebagai usaha angkut, pilihlah mobil dengan ukuran yang cukup besar. Sementara jika membutuhkan mobil untuk memudahkan mobilitas, mungkin memilih mobil dengan ukuran kecil merupakan hal yang baik.

Kembali lagi, pikirkan dan cari tahu mobil seperti apa yang sedang dibutuhkan, bukan diinginkan.

2.       Pilihlah Leasing yang Sudah Terjamin

Setelah memilih dan menentukan mobil seperti apa yang Anda butuhkan, hal penting selanjutnya adalah dengan memilih Leasing atau tempat kredit mobil yang sudah terjamin dan reputasinya bagus.

Hal ini harus menjadi sorotan juga karena jika salah memilih leasing kemungkinan akan berdampak tidak bagus pada saat perjalanan proses angsuran.

Mintalah beberapa saran dari orang yang sudah memiliki pengalaman dalam pembelian mobil secara kredit. Jangan sampai karena tergiur dengan sistem approval yang mudah dan banyaknya diskon, akhirnya di tengah jalan malah menyesatkan.

3.       Perhatikan Kontrak Kesepakatan Kredit

Ketika menggunakan sistem kredit, Anda harus tahu berapa uang yang sekiranya akan dikeluarkan untuk DP, cicilan perbulannya dan berapa lama kredit itu akan berlangsung.

Bagian ini menjadi sangat penting karena menyangkut dengan keuangan. Sebagai pembeli, Anda wajib membaca dan mengetahui kontrak yang telah tersedia supaya paham dan tidak ada unsur penipuan.

Biasanya, pihak leasing akan mengambil keuntungan sekitar 20% dari harga barangnya.

4.       Pilih dan Tentukan Lamanya Cicilan

Semakin kecil biaya yang dibayarkan, maka akan semakin lama pula masa cicilan kredit Anda. Jika dilihat dari nominalnya, memang terasa murah dan sepertinya akan memberikan banyak kemudahan. Namun, perlu dipikirkan kembali apa yang akan terjadi jangka panjangnya.

Jika semakin lama cicilan, maka semakin besar juga bunga yang akan diberikan pihak leasing. Terlebih lagi jika kredit dengan tempo yang lama, Anda tidak tahu apakah ada sesuatu yang sesuatu yang lebih penting di masa depan, sehingga membutuhkan biaya lebih.

5.       Asuransi

Pada saat masa kredit mobil sedang berlangsung, akan lebih baik jika ada asuransi yang dapat menjaminnya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memilih asuransi kendaraan yang bonafit.

Sama halnya dengan memilih mobil dan leasing, pemilihan asuransi harus juga diteliti dengan jeli dan harus memiliki reputasi yang bagus.

Agar lebih mudah, saat ini terdapat aplikasi SEVA dari Astra Finance yang akan sangat membantu bagi Anda yang ingin mengkredit mobil dengan aman. Anda dapat mencari mobil yang diinginkan dan menggunakan kalkulator kredit untuk mendapatkan perhitungan kredit yang sesuai dengan kemampuan.