Content marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis konten, baik itu gambar, video, suara, maupun tulisan. Terlebih lagi, semuanya sekarang bisa menjadi konten!

Konten yang dapat digunakan untuk pemasaran tidak terbatas pada dunia digital. Ya, meski kini sepertinya digitalisasi sedang terjadi di mana-mana, peluang yang bisa Anda ubah menjadi keuntungan tidak terbatas pada layar gadget.

Anda masih bisa menggunakan media konvensional seperti baliho, poster, atau brosur. Tentunya konten yang Anda sajikan juga harus unik. Pasti Anda sering melihat spanduk atau poster raksasa di jalanan yang dibuat seunik mungkin untuk menarik perhatian orang?

Salah satu contoh strategi content marketing adalah iklan pasta gigi Formula pada gambar berikut ini, dimana bintang iklan tersebut terlihat menggigit billboard tersebut hingga robek dengan giginya yang kuat akibat menggosok gigi dengan produk tersebut.

Contoh Content Marketing dan Penerapannya

  1. Pemasaran Konten di Situs Web

Content marketing menggunakan website ini umumnya menggunakan copywriting atau teks pemasaran. Seperti yang Anda ketahui, website biasanya menjadi jembatan pertama antara bisnis Anda dan pelanggan di internet.

Anda harus memiliki website agar pelanggan dapat menjangkau bisnis Anda dari mana saja. Jika Anda tidak memiliki website, jangan khawatir, karena ada banyak panduan mudah tentang cara membuat website.

Contoh pemasaran konten di situs web

Situs web juga umumnya menggunakan halaman statis, yang biasanya tidak terlalu sering berubah. Oleh karena itu, penggunaan copywriting yang menyenangkan dan menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi website Anda. Nantinya, strategi content marketing Anda akan memberikan hasil yang maksimal.

  1. Copywriting Marketing Konten di Blog

Berbeda dengan website, strategi content marketing di blog bisa Anda lakukan dengan menulis lebih bebas. Anda juga bisa memperbaruinya kapan saja, atau memposting artikel marketing konten setiap hari. Jika Anda menggunakan copywriting di website, berbeda dengan tulisan yang Anda buat di blog.

Contoh konten pemasaran di blog

Dengan blog sebagai media content marketing, Anda bisa menulis artikel yang lebih panjang dan jelas, misalnya untuk mendeskripsikan produk Anda, lalu menambahkan pesan yang mengajak pembaca untuk membeli produk Anda.