Kisah asmara pria asal Jambi yang terbang ke negara Turki untuk melamar sang kekasih, viral di media sosial. Pria Jambi itu bernama Muhammad Mutawally Assidiqi disapa Wally. Sementara wanita asli Turki itu bernama Edanur Yildis.

Pertama kali, kisah ini diunggah oleh adik Wally, yaitu Ikrom Mulhadi Assidiqi (Ikrom). Melalui akun TikToknya, @ikrommulhadi, ia mengunggah video lamaran kakaknya dengan sang kekasih. Hingga Rabu (10/2/2021), video TikTok ini sudah ditonton sebanyak 1,6 Juta viewers.

Wally dan Edanur tak pernah bertemu secara langsung sebelumnya. "Belum pernah sekalipun (ketemu), sekali ketemu memutuskan lamaran," kata Ikrom, Selasa (9/2/2021). Selama ini, keduanya menjalani hubungan jarak jauh (LDR) selama 2,5 tahun.

Sejak awal hubungannya, Wally memang sudah ada niatan serius dengan Edanur. Ibu Wally sempat meragukan hubungan keduanya, karena melihat perbedaan kondisi keluarga. "Memang udah niat serius. Waktu baru baru (pacaran) dia cerita ke Ibu kalau kenal wanita Turki. "

"Ibu jawab, 'Kenapa jauh nian? Sedangkan biaya kehidupan aja mahal, apalagi untuk berangkat'." "'Kita orang susah. Sedangkan Edanur kehidupannya lebih lumayan dari pada kita. Emang dia bisa menerima kita?'" ucap Ikrom menirukan kata ibunya. Sekitar satu tahun berhubungan, Edanur mulai kenal dekat dengan keluarga Wally.

"Hampir setahun, Eda mulai dekat dengan keluarga," kata Ikrom. Selama hubungan LDR 2,5 tahun itu, Wally dan Edanur berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dan Arab. Ikrom menceritakan, kakaknya ini sempat dua kali gagal berangkat ke Turki.

Awal 2020, Wally berencana untuk berangkat ke Turki, tetapi tertunda karena faktor ekonomi dan musim salju di Turki. Diketahui, Wally memiliki penyakit bawaan asma, sehingga ia tak cocok dengan musim dingin. "Abang Wally punya riwayat penyakit asma, yang enggak bisa dingin, enggak bisa kena debu," terang Ikrom.

Lalu, rencana berangkat itu mundur pada Oktober November 2020. Sayangnya, keberangkatan itu tertunda lagi karena belum ada biaya yang cukup. Ditambah lagi, pandemi corona. "Karena tiket naik, faktor corona juga. Uang belum cukup jadi enggak jadi berangkat," jelas Ikrom.

Adik dari Wally itu mengatakan keluarganya ikut mengumpulkan sedikit demi sedikit uang untuk membiayai keberangkatan kakaknya. "Saya, ibu, ayah. Emang kami ngumpulin uang sedikit sedikit," kata Ikrom. Hingga akhirnya Wally berangkat pada hari (1/2/2021) lalu.

Pria asal Jambi itu berangkat sendirian ke Turki. Sesampainya di sana, Edanur dan ibunya menyambut kedatangan Wally di bandara. Hingga kini, Wally masih berada di Turki, tepatnya di Kota Bursa.

Rencananya, Minggu (21/2/2021) esok, Wally akan bertolak balik ke tanah air.