Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Kongres ke 31 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (17/3/2021). Dalam kesempatan tersebut Presiden menyampaikan sejumlah harapan pada kader HMI di seluruh Indonesia agar bangsa Indonesia mampu menghadapi sejumlah tantangan di tengah disrupsi atau perubahan yang sangat cepat. Presiden berharap agar HMI dapat tumbuh bersama zaman dan adaptif dengan kebaharuan.

Selain itu, HMI dapat tanggap menghadapi realitas realitas baru dan menyesuaikan diri dengan derasnya arus disrupsi dan perubahan. "Bangun terus kolaborasi dalam berbagai agenda agenda penting pembangunan bangsa termasuk dalam berikhtiar mengatasi Pandemi dan dampaknya, serta membantu masyarakat yang sedang berada dalam kesulitan, membangkitkan optimisme, membangkitkan harapan agar bangsa kita segera pulih dan bangkit dari pandemi," katanya. Selain itu, kata Presiden, HMI juga harus siap menjadi pelopor kemajuan bangsa yang akan mengantarkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang makin disegani, semakin maju dan semakin sejahtera.

Ia percaya HMI dapat menjadi lokomotif kemajuan bangsa dan lebih aktif dalam menyiapkan, melahirkan SDM SDM unggul. "Mencetak dan melahirkan pemimpin pemimpin masa depan, yang akan mengantarkan bangsa ini siap berkompetisi dalam era hyperkompetisi sekarang ini, dan semakin maju sebagai pemenang, dan yakin usaha sampai," pungkasnya. Dalam acara pembukaan Kongres HMI tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali.